Monday, September 17, 2012

Petualangan Pantai Goa Cina

Mungkin banyak yang masih belum mendengar nama pantai Goa Cina. Pantai yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan ini keindahannya masih sangat alami. Pantai ini terletak di wilayah kabupaten malang dan terletak berdekatan dengan pantai Sendang Biru dan pantai Bajul Mati. Memang pantai yang berada sekitar tiga jam perjalanan dari kota Malang ini kurang terkenal jika dibandingkan dengan pantai Bale Kambang, Sendang Biru ataupun Ngliyep namun pemandangan alamnya sangat indah.

Pantai ini terdapat di daerah Sumbermanjing dengan panjang pantai yang terbentang sekitar 3 km dimana garis pantainya cukup beragam. Ada yang berpasir putih, ada yang berkarang dangkal dan ada pula yang curam dengan arus ombak yang cukup besar khas pantai di sepanjang sisi selatan pulau Jawa sehingga pengunjung harus hati-hati jika berenang. Selain garis pantainya yang beragam, pantai ini juga dilengkapi oleh pulau-pulau kecil ditengah laut.

Perjalanan ke pantai ini saya lakukan pertengahan tahun 2011 bersama beberapa orang teman. Kami melakukan perjalanan dengan menggunakan motor. Kami berangkat dari Surabaya pada malam hari sekitar pukul 9 malam dan langsung menuju Turen untuk bermalam di rumah salah satu teman. Sekitar pukul 12 malam kami tiba di Turen dan langsung disambut dengan makan malam. Makan malamnya tidak mewah namun jamur crispy, tempe goreng dan sambal terasa begitu nikmat mengingat kami sudah sangat kelaparan dan kedinginan sepanjang perjalanan. Setelah makan malam (atau makan dini hari lebih tepatnya) kami segera beristirahat agar keesokan harinya bisa bangun pagi untuk melanjutkan perjalanan ke pantai Gua Cina.

Keesokan harinya kami berangkat ke Pantai Goa Cina sekitar pukul 9. Perjalanan ke pantai tersebut berkelok-kelok dan naik turun. Selama perjalanan kami disuguhi oleh pemandangan alam yang menawan berupa sawah-sawah yang hijau menghampar, tebing-tebing yang berdiri kokoh dan pohon-pohon yang menjulang tinggi.  1 km menjelang pantai, kami harus melewati jalan sempit yang berbatu sehingga motor yang kami tumpangi harus berjalan sangat pelan. Tapi perjuangan melewati jalan berbatu tersebut terbayar lunas ketika pantai sudah terlihat.

Terlihat pemandangan pantai yang indah dengan beberapa deretan tebing. Air lautnya yang biru membuat kami ingin segera merendam kaki dan bermain air laut. Dan itulah yang kami lakukan. Segera berhamburan menuju bibir pantai. Bermain dengan pasir dan air laut. Di tempat ini terdapat dua karakter pantai. Yang satu tepi pantainya berkarang dan satunya lagi berpasir. Dan satu lagi yang unik, dipantai ini terdapat goa. Dan keberadaan goa tersebut melatarbelakangi penamaan pantai ini. Konon kabarnya dulu ada seseorang dari etnis Cina yang bertapa dan kemudian ditemukan meninggal di goa tersebut. Itulah mengapa dinamakan pantai goa cina.

Bermain di pantai ini sangat menyenangkan. Ada yang berendam, ada yang bermain pasir, sementara saya sendiri berjalan menyusuri bibir pantai sambil merasakan lembutnya pasir putih. Mencari tempat teduh dan kemudian berbaring hingga tertidur hehe

Di tempat ini terdapat sebuah warung yang menjual makanan sederhana. Pilihan menunya tidak banyak tetapi cukup untuk mengganjal perut yang lapar setelah beberapa lama bermain-main. Di warung tersebut kita juga bisa menumpang mandi setelah berenang.

Pantai ini membuat saya melihat masih banyak tempat-tempat yang indah di pulau Jawa yang harus di kunjungi. Dan saya berharap masig punya banyak waktu dan kesempatan untuk berjalan-jalan lagi :)